Rabu, 27 Mei 2015

PSIKOANALISIS



Psikoanalisis
Titik awal kemunculan teori psikoanalisis adalah usaha-usaha Freud dalam menganalisis dunia kediksadaran. Setelah Freud diangkat menjadi profesor di Universitas Wina pada tahun 1902, berkat karyanya di dalam bidang neurologi, secara berangsur-angsur orang-orang mengikuti jejak pemikirannya yang kontroversial tentang Psikoanalisisnya. Dari situlah muncul murid pertama dan yang paling disayangi Freud, Otto Rank, seorang analisis nonmedia Austria; kemudian ada Carl Jung yang dianggap Freud seperti anaknya sendiri.
Banyak sekali pengikut Freud atau mereka yang seide dengan gagasan-gagasan Freud. Di antaranya yang dapat disebut di sisni ialah Wilhelm Stekel (penulis dan psikoterapis Austria). Alfred Adler (psikiater dan opthalmolog Yahudi-Austria), Ludwig Binswanger, Carl Jung, Kral Abraham (dari Burghhilz Mental Hospital di Zurich), Max Eitigon (orang Rusia), Sandor Ferenzi (orang Hongaria), Ernes Jones (neurologi muda dari Wales), Braham Brill (Amerika), Anna Freud (putri Freud sendiri), Karen Hornet (seorang analisis di Berlin), Erich Fromm (psikolog sosial Jerman), dan lain-lain.
Psikoanalisis adalah sistem  menyeluruh dalam psikologi yang dikembangkan oleh Freud untuk menangani orang-orang yang mengalami neurosis dan masalah mental lainnya. Tugas psikoanalisis adalah mengobati penyimpangan mental dan syarat, menjelaskan bagaimana kepribadian dan bekerja, dan menyajikan teori mengenai cara individu dapat berfungsi di dalam hubungan personal dan masyarakat. Selain itu, psikoanalisis yang merupakan salah satu bidang dari ilmu sosial, ternyata memiliki hubungan dengan teori-teori sastra seperti strukturalisme, semiotik, feminis, dan sosilogi sastra. Hubungan antara psikoanalisis menjelaskan tentang konsep sensor dan pekrjaan tak sadar dalam mimpi, yang ternyata memberikan sumbangan besar dalam perkembangan teori-teori sastra modern. Inilah yan mendasari saya memasukkan Psikoanalisis menjadi salah satu dari teori-teori sastra dalam tulis ini.




Sigmund Freud
Sang pencetus sistem baru dalam psikologi yang diberi istilah Psikoanalisis ini, Sigmund Freud, berasal dari keluarga pedagang Yahudi. Dia lahir pada tahun 1856 di Freiburg, Moravia, yang kemudian menjadi bagian dari kerajaan Austro-Hurangia. Pada tahun 1860m yaitu ketika dia berusia 4 tahun, Freud dan keluarganya pindah ke Wina, ibu kota Austria. Wina inilah kota yang kemudian menjadi tempat Freud hidup dan bekerja sampai sekitar tahun 1938.
Ketika pada sekitar tahun 1938 itu Jerman menguasai Austria, Freud beserta seluruh keluarganya terpaksa angkat kaki dari Austria. Mereka melarikan diri ke Inggris. Akan tetapi, tak lama kemudian pada tanggal 23 September 1993, di London, Freud meninggal dunia.
Di sepanjang hidupnya, Sigmund Freud menghabiskan waktunya untuk berfikir dan berkarya. Maka tidak mengherankan kalau hal itu menjadikannya seorang yang terkenal. Meskipun pada akhirnya pikiran-pikiran yang dikembangkan memunculkan pro dan kontra, bagaimanapun juga Freud dianggap telah banyak berjasa. Di antara karya-karya. Freud yang terkenal ialah The Interpretation of Dreams (1990), The Psychopathologi of Everyday Life (1901), Gereneral Introduction Lectures on Psychoanalys (1917), New Introductory Lectures on Psychoanalysis (1933), dan An Aoutline of Psyhoanalysis (1940).
Perlu diketahui juga bahawa Freud adalah seorang dari mereka yang tergolong structural, yang telah mengubah teori positivistikanya tentang kehidupan psikis setelah menemukan fakta-fakta tentang psike itu sendiri, baik psike pasien-pasiennya menjadi teori psikoanalisis. Disamping itu, Freud melihat bahwa psikoanalisisnya yang berpusat pada tafsir mimpi dapat disepadankan dengan karya sastra. Dia memandang mimpi itu lebih lebih merupakan bahasa dari pada produk proses linguistik, atau atau bisa dikatakan mimpi itu mirip dengan sebuah ideolek.
Dia berpendapat bahawa pekerjaan mimpi memiliki hubungan analog denga prosedur sastra, yang mana mimpi merupakan peleburan beberapa tokoh atau hal yang mempunyai sifat yang umum ke dalam suatu gambar, atau bahkan bisa dikatakan mimpi adalah peleburan beberapa kata yang mengacu pada realitas yang berbeda dalam suatu kata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar