RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SatuanPendidikan : SMA
Kelas/Semester : XI
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Topik : Menganalisis Pantun
Jumlah Pertemuan : 5 x pertemuan
Alokasi waktu :
2 x 45 menit
A.
Kompetensi Inti
a. Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya
b.
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
respontif, dan proaktif). Dan menunjukkan sikap sebagian dari solusi atas
berbagai permasalaha bangsa, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam. Serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
c.
Memahami, menetapkan, menganalisis, dan mengevaluasi
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi,
senu, budaya, dan humanora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait fenomena, dan kejadian serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kerja yang spesifik sesuai dengan bakat dan minat untuk
memecahkan masalah.
d.
Mencoba, mengolah, dan menyajikan dalam konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan diri dipelajarinya di Sekolah secara
mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar
a.
Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah
Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi
lisan dan tulis.
b. Memiliki perilaku jujur, tanggung jawab, dan
santun dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil
observasi
c.
Memahami teks pantun
d.
Menjelaskan struktur dan kaidah pantun
C.
Indikator Pencapaian
Kompetensi
1.
Menghargai dan mensyukuri keberadaan
bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami
informasi lisan dan tulis.
2.
Memiliki perilaku jujur, tanggung jawab,
dan santun dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan
hasil observasi
3.
Mengetahui isi teks pantun
4.
Mengetahui struktur pantun
5. Mengetahui
kaidah pantun
6. Tujuan
Pembelajaran
1.
Selama
dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat menghargai
dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis
2.
Selama
dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat menunjukkan
sikap jujur,
tanggung jawab, dan santun dengan menggunakan bahasa Indonesia dalam
menyusun/memproduksi hasil observasi baik lisan maupun tulisan.
3.
Setelah membaca teks pantun dan
mendiskusikannya siswa dapat mengetahui struktur dari pantun tersebut
4.
Setelah membaca teks teks pantun dan
mendiskusikannya siswa dapat mengetahui kaidah dari pantun tersebut.
D.
Materi Pembelajaran
·
Teks pantun
·
Struktur dari pantun
·
Kaidah dari pantun
E.
Metode Pendekatan dan Pembelajaran
1.
Pendekatan
a. Pendekatan Scentive
2. Metode
a. Metode diskusi, tanya jawab,
penuagsaan, dan presentasi.
F.
Kegiatan Pembelajaran
a.
Kegiatan Pendahuluan
1) Siswa
menrespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2) Mengondisikan kelas
3) Mengadakan apersepsi
4) Menyampaikan tujuan pembelajaran
5)
Siswa
diberi pemahaman tentang pantun dan mengetahui struktur dan
kaidahnya.
b.
Kegiatan Inti
Mengamati
1) Siswa membaca teks sebuah
pantun
2) Siswa mengamati teks pantun
3) Siswa menganalisis teks pantun
Mempertanyakan
1)
Siswa menanyakan bagian teks yang sulit dipahami
Eksplorasi
1) Siswa menentukan kaidah dan struktur dari pantun tersebut
Elaborasi
1) Siswa mendapatkan fotokopi teks pantuntersebut
2) Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa secara berkelompok membaca dan menjawab pertanyaan
tentang isi sebuah
pantun.
3) Salah satu anggota kelompok melaporkan hasil diskusinya.
4) Kelompok lain merespon atau
menanggapi dengan responsif dan santun.
5) Siswa bersama guru membahas hasil latihan.
Konfirmasi
6) Siswa terbaik mendapatkan
penghargaan dari guru.
c.
Kegiatan Penutup
1)
Siswa bersama
guru menyimpulkan pembelajaran
2)
Siswa melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
3)
Siswa menyimak
informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran atau pemberian
tugas ( pekerjaan rumah )
G.
Sumber dan Media pembelajaran
1)
Sumber
Tim Studi
Edukasi, 2014. Bahasa Indonesia untuk
SMA-MA/SMK Kelas XI. Bandung: Yrama Widya.
2) Media
Teks pantun
H.
Penilaian Proses dan Hasil Belajar
a.
Penilaian Proses
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
Keterangan
|
1.
|
Religius
|
Pengamatan
|
Lembar
Pengamatan
|
Proses
|
|
2.
|
Tanggung jawab
|
||||
3.
|
Peduli
|
||||
4.
|
Responsif
|
||||
5.
|
Santun
|
Lembar Pengamatan
Penilaian Proses
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
Kategori
|
||||||||||||||||||||||
Religius
|
Rapi
|
Aktif
|
Berani
|
Sopan
|
||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
|
|||||
2
|
Desi
Riantika
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
3
|
Nurfadla
Hayati
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
4
|
Rizki Riyanto
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
5
|
Khaidir
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
6
|
Rian
Hidayat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
b.
Penilaian Hasil
Indikator
Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
Mengetahui struktur pantun
|
Tes
tertulis
|
Tes uraian
|
1. Analisislah struktur beseta isi pantun!
|
Mengetahui kaidah pantun
|
Tes
tertulis
|
Tes uraian
|
2. Analisislah
kaidah beserta isi pantun!
|
Pedoman Penskoran soal
nomor 1
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1
|
Siswa dapat menjelaskan
pengertian novel
dengan sangat tepat
|
50
|
2
|
Siswa dapat menjelaskan pengertian novel dengan kurang tepat
|
40
|
3
|
Siswa dapat menjelaskan
pengertian novel
dengan tidak tepat
|
30
|
Pedoman Penskoran soal nomor 2
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1
|
Siswa dapat menjelaskan
pengertian novel
dengan sangat tepat
|
50
|
2
|
Siswa dapat menjelaskan
pengertian novel
dengan kurang tepat
|
40
|
3
|
Siswa dapat menjelaskan
pengertian novel
dengan tidak tepat
|
30
|
Pekanbaru, Mei
2015
Mengetahui Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
Mata pelajaran
(.............................................)
(........................................)
NIP.......................................
NIP.....................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SatuanPendidikan : SMA
Kelas/Semester : XI
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Topik : Menganalisis Pantun
Jumlah Pertemuan : 5 x pertemuan
Alokasi waktu :
2 x 45 menit
A.
Kompetensi Inti
a. Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya
b.
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
respontif, dan proaktif). Dan menunjukkan sikap sebagian dari solusi atas
berbagai permasalaha bangsa, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam. Serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
c.
Memahami, menetapkan, menganalisis, dan mengevaluasi
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi,
senu, budaya, dan humanora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait fenomena, dan kejadian serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kerja yang spesifik sesuai dengan bakat dan minat untuk
memecahkan masalah.
d.
Mencoba, mengolah, dan menyajikan dalam konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan diri dipelajarinya di Sekolah secara
mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar
a.
Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah
Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi
lisan dan tulis.
b. Memiliki perilaku jujur, tanggung jawab, dan
santun dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil
observasi
c.
Memahami teks pantun
d.
Menjelaskan struktur dan kaidah pantun
C.
Indikator Pencapaian
Kompetensi
1.
Menghargai dan mensyukuri keberadaan
bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami
informasi lisan dan tulis.
2.
Memiliki perilaku jujur, tanggung jawab,
dan santun dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan
hasil observasi
3.
Mengetahui isi teks pantun
4.
Mengetahui struktur pantun
5. Mengetahui
kaidah pantun
6. Tujuan
Pembelajaran
1.
Selama
dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat menghargai
dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis
2.
Selama
dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat menunjukkan
sikap jujur,
tanggung jawab, dan santun dengan menggunakan bahasa Indonesia dalam
menyusun/memproduksi hasil observasi baik lisan maupun tulisan.
3.
Setelah membaca teks pantun dan
mendiskusikannya siswa dapat mengetahui struktur dari pantun tersebut
4.
Setelah membaca teks teks pantun dan
mendiskusikannya siswa dapat mengetahui kaidah dari pantun tersebut.
D.
Materi Pembelajaran
·
Teks pantun
·
Struktur dari pantun
·
Kaidah dari pantun
E.
Metode Pendekatan dan Pembelajaran
1.
Pendekatan
a. Pendekatan Scentive
2. Metode
a. Metode diskusi, tanya jawab,
penuagsaan, dan presentasi.
F.
Kegiatan Pembelajaran
a.
Kegiatan Pendahuluan
1) Siswa
menrespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2) Mengondisikan kelas
3) Mengadakan apersepsi
4) Menyampaikan tujuan pembelajaran
5)
Siswa
diberi pemahaman tentang pantun dan mengetahui struktur dan
kaidahnya.
b.
Kegiatan Inti
Mengamati
1) Siswa membaca teks sebuah
pantun
2) Siswa mengamati teks pantun
3) Siswa menganalisis teks pantun
Mempertanyakan
1)
Siswa menanyakan bagian teks yang sulit dipahami
Eksplorasi
1) Siswa menentukan kaidah dan struktur dari pantun tersebut
Elaborasi
1) Siswa mendapatkan fotokopi teks pantuntersebut
2) Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa secara berkelompok membaca dan menjawab pertanyaan
tentang isi sebuah
pantun.
3) Salah satu anggota kelompok melaporkan hasil diskusinya.
4) Kelompok lain merespon atau
menanggapi dengan responsif dan santun.
5) Siswa bersama guru membahas hasil latihan.
Konfirmasi
6) Siswa terbaik mendapatkan
penghargaan dari guru.
c.
Kegiatan Penutup
1)
Siswa bersama
guru menyimpulkan pembelajaran
2)
Siswa melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
3)
Siswa menyimak
informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran atau pemberian
tugas ( pekerjaan rumah )
G.
Sumber dan Media pembelajaran
1)
Sumber
Tim Studi
Edukasi, 2014. Bahasa Indonesia untuk
SMA-MA/SMK Kelas XI. Bandung: Yrama Widya.
2) Media
Teks pantun
H.
Penilaian Proses dan Hasil Belajar
a.
Penilaian Proses
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
Keterangan
|
1.
|
Religius
|
Pengamatan
|
Lembar
Pengamatan
|
Proses
|
|
2.
|
Tanggung jawab
|
||||
3.
|
Peduli
|
||||
4.
|
Responsif
|
||||
5.
|
Santun
|
Lembar Pengamatan
Penilaian Proses
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
Kategori
|
||||||||||||||||||||||
Religius
|
Rapi
|
Aktif
|
Berani
|
Sopan
|
||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
|
|||||
2
|
Desi
Riantika
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
3
|
Nurfadla
Hayati
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
4
|
Rizki Riyanto
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
5
|
Khaidir
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
6
|
Rian
Hidayat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
b.
Penilaian Hasil
Indikator
Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
Mengetahui struktur pantun
|
Tes
tertulis
|
Tes uraian
|
1. Analisislah struktur beseta isi pantun!
|
Mengetahui kaidah pantun
|
Tes
tertulis
|
Tes uraian
|
2. Analisislah
kaidah beserta isi pantun!
|
Pedoman Penskoran soal
nomor 1
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1
|
Siswa dapat menjelaskan
pengertian novel
dengan sangat tepat
|
50
|
2
|
Siswa dapat menjelaskan pengertian novel dengan kurang tepat
|
40
|
3
|
Siswa dapat menjelaskan
pengertian novel
dengan tidak tepat
|
30
|
Pedoman Penskoran soal nomor 2
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1
|
Siswa dapat menjelaskan
pengertian novel
dengan sangat tepat
|
50
|
2
|
Siswa dapat menjelaskan
pengertian novel
dengan kurang tepat
|
40
|
3
|
Siswa dapat menjelaskan
pengertian novel
dengan tidak tepat
|
30
|
Pekanbaru, Mei
2015
Mengetahui Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
Mata pelajaran
(.............................................)
(........................................)
NIP.......................................
NIP.....................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar